March 2019 - Afifah Haq
News Update
Loading...

Sunday, 31 March 2019

Tips Membuat Desain Scarf Hijab Tanpa Ribet

Sewaktu kuliah, saya memang mengambil jurusan Desain, tapi Desain Teknik Manufaktur (Mesin), bukan desain grafis ataupun desain fashion. Namun entah mengapa banyak yang salah paham. Banyak sekali teman yang meminta bantuan saya untuk dibuatkan desain brosur, desain pamflet acara, sampai desain kaos panitia. Bahkan, sampai saya kerja pun, atasan saya juga suka meminta saya untuk dibuatkan desain brosur perusahaan dan banner perusahaan. Padahal, saya ga mengerti sama sekali soal perancangan di bidang ini.

Akhirnya dari situ, saya 'dipaksa' untuk menguasai software desain. Satu-satunya software desain yang  saya kuasai ya cuma Corel Draw. Hehehe. Kemudian saya mulai mendesain dengan konsep yang masih banyak saya tiru dari konsep yang sudah ada di internet.

Eh, lama lama saya malah ketagihan dan ternyata pekerjaan desain seperti ini lumayan mengasyikkan juga. Lalu, tiba-tiba aja kefikiran untuk coba-coba bikin desain hijab. Waktu itu, saya sempet ngecengin hijab bermotif dari salah satu brand, tapi harga nya lumayan mihil. Heuheu. Lantas, saya berfikir, kenapa ga saya coba aja bikin desain hijab sendiri, lalu diprint di kain sendiri?

Akhirnya saya coba menantang diri sendiri, kira-kira mampu kah saya melakukannya? Dan inilah langkah-langkahyang saya coba dalam membuat desain scarf hijab.

Pertama, Menentukan Tujuan

Kalau saya, awal mula bikin desain scarf hijab itu memang tujuannya untuk iseng-iseng berhadiah. Ya, segala sesuatu kan memang harus ada percobaannya dulu, harus ada trial and error nya dulu. Kalau seandainya berhasil, mungkin saya akan memberikan perhatian yang lebih serius, bisa jadi ke depannya saya akan mulai berbisnis hijab bermotif, tapi dengan harga yang terjangkau.

Kedua, Menentukan Konsep

Dalam hal menentukan konsep desain scarf hijab, saya sih simpel aja. Saya punya baju warna apa, trus ya saya cocokkan warna nya. Kebanyakan baju saya berwarna biru, jadi saya membuat desain scarf hijab dengan tema biru.

Mulai Mendesain

Baiklah, perjuangan dimulai. Setelah tau akan membuat desain seperti apa, saya mulai duduk di depan layar laptop. Saya buka software Corel Draw, lalu mulai mengutak-atik. Hmm, ternyata tidak semudah itu, Marisol!

Perjuangan saya membuat desain hijab berlangsung cukup lama, hampir sekitar satu minggu. Selain karena terpotong rutinitas kerja di kantor dan rutinitas di rumah, saya sering sekali kesulitan dalam mendapatkan desain yang saya mau.

Namun akhirnya, perjuangan membuat desain scarf hijab itu membuahkan hasil juga. Ini dia hasilnya!

Desain scarf hijab pertama saya, kira-kira udah bagus atau malah mirip taplak meja? Huahaha
Desain hijab kedua saya, hijab yang ini sering saya pakai sehari-hari.
Desain pertama, saya salah pilih warna, maksud hati ingin memilih warna warna muda, begitu diprint, hasilnya jadi warna yang terlalu cerah. Ukuran scarf nya juga terlalu lebar sepertinya 😂. Lalu, di desain ke dua, saya mencoba warna yang gelap dan membuat motif yang tidak terlalu heboh. Hasil desain hijab yang kedua menurut saya agak mending, tapi karena warna dasarnya gelap, beberapa ornamen yang saya buat jadi tidak begitu terlihat.

Apakah saya kapok? Oh tidak, Marisol! Saya tidak kapok karena yang buat desain ya saya sendiri, yang pake saya sendiri, yang memuji desain nya bagus juga ya saya sendiri, hahaha.

Saya ingin membuat desain scarf hijab lagi, tapi kali ini saya ingin membuat desain hijab scarf tanpa ribet, tanpa harus mendesain selama seminggu.

Akhirnya saya berfikir, kenapa ga coba download langsung saja desain scarf yang sudah jadi? Jadi, saya tidak perlu pusing memikirkan konsep dan ribet mengutak-atik desain hijab.

Akhirnya, saya membuka web shutterstock. Wah, bahagia saya, karena ternyata di sini tersedia banyak desain scarf yang sudah jadi. Pilihannya banyak, dan semua desainnya keren keren.

Shutterstock adalah salah satu website penyedia berbagai gambar dalam bentuk vector atau image (jpg/jpeg). Shutterstock ini selalu menjadi pilihan bagi mereka, para desainer yang ingin memperoleh bahan desain dengan cepat. Cukup download gambar yang diinginkan.
 

Beberapa menit mencari, akhirnya saya memilih salah satu desain dan mulai men-download nya. Download gambar vector di shutterstock memang tidak gratis. Ada harga yang harus dibayar untuk mengapresiasi hasil karya desainer.

Ada beberapa alternatif untuk membeli gambar di shutterstock. Alternatif pertama, kita harus membuat akun di web shutterstock, lalu kita membayarnya dengan mata uang dollar. Tapi, alternatif ini cukup ribet menurut saya, karena perbedaan mata uang tersebut dan juga cara transfer nya.

Akhirnya, saya mencari alternatif lain dengan cara men-download menggunakan jasa beli vector shutterstock. Melalui jasa ini, saya bisa dengan mudah membuat desain scarf hijab tanpa ribet, tanpa mengutak-atik software Corel Draw lebih lama, dan tanpa bingung harus membayar menggunakan metode apa.

Jika desain saya sebelumnya saya kerjakan selama kurang lebih satu minggu karena pusing mencari konsep dan juga keterbatasan saya dalam mengoperasikan desain software, maka melalui jasa beli vector shutterstock ini saya bisa menghemat waktu. Kurang dari satu jam, saya sudah mendapatkan desain yang saya inginkan.
Desain hijab menggunakan jasa beli vector shutterstock, saya edit sedikit.
Jasa beli vector shutterstock menurut saya akan sangat membantu bagi mereka, para pengusaha hijab yang ingin memperoleh desain hijab dengan cepat. Tak hanya desain hijab, kita juga bisa memperoleh vector unik untuk membuat desain lainnya seperti brosur, pamflet, banner, dan sebagainya.

Ah, jadi ga sabar untuk print hasil hijab saya yang ini!

Friday, 29 March 2019

Sebelum Keputusan Besar Itu Aku Ambil

Orang-orang bilang, bukan hidup namanya jika tidak ada satu keputusan besar yang harus kita ambil.Ya, kadang hidup selalu menghadiahkan kita sesuatu yang harus kita pilih.

Di artikel ini mungkin saya akan lebih banyak curhat. Jadi, silahkan ambil yang baik-baik nya saja ya, dan jika ada kesalahan, saya memohon maaf. Oh ya, artikel ini juga merupakan artikel kolaborasi bersama teman-teman Bandung Hijab Blogger. (Hore! akhirnya collab lagi)


RESIGN, mungkin itu adalah salah satu keputusan besar yang akan saya ambil selama hidup. Jujur saja, resign adalah hal tersulit yang harus saya lakukan. Pekerjaan yang saya tekuni saat ini sesuai dengan jurusan yang saya ambil saat kuliah, sehingga saya selalu berpendapat bahwa alasan saya masih bekerja adalah untuk menyalurkan ilmu yang sudah saya dapat semasa kuliah.

Terlebih lagi, lingkungan tempat saya bekerja sudah sangat nyaman. Dulu saya pernah berdo'a agar bisa bekerja di tempat kerja yang mayoritas se-iman, karena dulu saya pernah merasakan magang di tempat kerja yang mayoritas nya adalah non muslim. Sebenarnya bukan karena agamanya, tapi lebih ke suasana lingkungannya, terutama dalam hal ibadah, saya merasa tidak punya 'teman' untuk beribadah bersama. Dan ketika saya bekerja di tempat ini, saya merasa do'a saya terkabul, karena di sini lingkungannya sangat islami.

Alasan lain yang membuat saya berat untuk meninggalkan pekerjaan adalah, di sini sudah seperti zona nyaman bagi saya. Tidak ada istilah saling sikut antar karyawan, jarang sekali terjadi konflik, malah kebalikannya, semua orang di sini justru saling mendukung. Saya juga lebih mudah beradaptasi di sini, baik dengan orang-orangnya maupun dengan pekerjaannya. Ditambah lagi, saya bekerja di bidang renewable energy atau energi terbarukan, dimana perusahaan di bidang ini bisa dibilang baru, dan di Bandung hanya ada beberapa. Sehingga banyak sekali pengetahuan baru yang saya dapatkan dari bidang pekerjaan saya ini.

Waktu saya nikah, semuanya dateng barengan bawa rombongan, terharu akutuu
Alasan Resign

Cepat atau lambat, saya kelak akan resign juga. Entah kapan, tapi saya harus mengambil keputusan itu. Bukan karena idealis bahwa perempuan itu semestinya di rumah, mengurus keluarga dan segala hal yang berhubungan dengan rumah, bukan, bukan karena itu.

Tapi hal yang paling utama adalah karena kondisi fisik saya yang sudah tidak se-kuat dulu. Jika semasa kuliah saya masih kuat motor-motoran dari Ciwastra ke Dago setiap hari, pergi sunrise pulang sunset, ditambah bonus ban bochor, rantai motor putus, dan busi kerendem banjir. Namun sekarang, saya rasanya sudah sangat capek sekali setiap hari harus bulak-balik Ciwastra-Dago yang jika ditotalkan jaraknya nyaris 40 KM pulang-pergi. (Saya kuliah di daerah Dago, dan kerja  di daerah Dago juga).

Faktor U. Hehehe. Masalahnya ketika saya capek, maka saya tidak bisa maksimal dalam mengerjakan tugas. Imbasnya adalah target pekerjaan yang molor dari waktu yang seharusnya.

Alasan kedua adalah karena anak. Selama saya bekerja, saya titipkan anak bersama orangtua. Maaf, bukannya durhaka atau mau merepotkan mereka. Tapi, saya trauma menitipkan anak ke orang lain. Saya pernah menitipkan anak di Daycare, baru 2 hari, anak saya sudah dapat oleh-oleh luka memar di hampir sepanjang lengan kiri nya. Sedih kan. Karenanya, saya lebih baik menitipkan anak ke orang yang se-darah dengan saya. Tapi, saya juga tidak bisa terus-terusan menitipkan anak ke kakek-nenek nya, walaupun sebenarnya mereka tidak keberatan dan masih sanggup mengasuh.

Suatu hari nanti, anak saya akan sekolah, akan memasuki fase-fase baru dalam hidupnya. Saya ingin sebagai ibu bisa mendampingi anak sepenuhnya.

Tapi, Sebelum Resign...

Banyak hal-hal yang harus saya persiapkan terlebih dahulu sebelum resign. Semenjak menikah, saya jadi orang yang selalu terencana dalam segala hal. Saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan ini tanpa rencana yang matang.

Pertama, saya harus meningkatkan performa kerja saya terlebih dahulu. Ya, ibaratnya, saya ingin meninggalkan kantor ini dengan kesan yang baik, sehingga orang-orang di sini akan merasa kehilangan dan akan selalu merindukan saya 😋😋😋. Engga deng.


Kedua, saya harus mempersiapkan hal-hal yang bisa saya kerjakan walau saya sudah resign dari kantor. Sekarang, saya sedang kukumpul untuk modal usaha. Sehingga, walaupun ga ngantor, saya masih tetap bisa berkarya dari rumah. Saya ingin tetap produktif. Do'akan ya.

Ketiga, menyiapkan mental. Mungkin nih, mungkin ya, saya nanti akan merasakan perubahan pola hidup. Dari yang biasanya sibuk pergi pagi pulang petang, nanti saya akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dan yang makin bikin mental drop sih, nantinya ga akan ada lagi transferan rutin awal bulan, dan juga bonus di awal tahun. Haha.

Jadi, Kapan Atuh Resign?

Saya belum tahu secara pasti. Tapi, target saya selambat-lambatnya adalah ketika anak saya memasuki usia SD.

Doakan ya, semoga saya bisa menghadapi salah satu keputusan besar dalam hidup saya ini dengan hati yang lapang dan minim penyesalan.

Thursday, 28 March 2019

Tips Merawat Luka Bakar dengan Benar dan Tepat


Sekitar tahun 2006 lalu, atau ketika saya masih duduk di bangku kelas 2 SMP, saya pernah mengalami luka bakar karena tersiram air panas di sekitar paha. Rasanya panas, perih, dan detik itu juga kulit saya melepuh. Awalnya saya ga sadar kalau itu kulit yang melepuh, saya kelupas aja.

Esoknya saya tidak masuk sekolah, karena lukanya semakin parah bahkan sampai saya tidak bisa berjalan selama seminggu. Orangtua saya baru membawa saya ke dokter esoknya. Waktu itu kami sangat minim informasi mengenai penanganan dan perawatan luka bakar yang tepat.

Tak ingin kejadian saya terulang lagi, maka dari situ saya mulai bertanya-tanya dan mencari referensi mengenai penanganan luka bakar. Seandainya terjadi pada saya atau orang terdekat saya, saya bisa mencegah luka bakar itu menjadi semakin serius.



Mengenai Luka Bakar


Luka bakar merupakan bentuk kerusakan kulit yang bisa disebabkan oleh panas yang menyakitkan. Sehingga luka bakar ini akan menjadikan kulit menjadi merah, mengelupas, melepuh, hangus, dan juga bisa terjadi pembengkakan.

Oleh karena itulah, ketika mengobati luka bakar, kita harus menanganinya dengan cara yang tepat agar tidak menjadi parah, tidak terjadi infeksi, dan juga agar obat luka tidak lengket di kasa. Beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisa melakukan perawatan luka bakar dengan tepat adalah:



Pertolongan Pertama


Hal utama yang perlu diperhatikan dalam cara merawat luka bakar adalah pada pertolongan pertama. Tips ini adalah cara yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar ringan dan juga mencegahnya agar tidak menjadi semakin parah, dimana beberapa cara yang bisa digunakan adalah dengan:

  • Langkah pertama adalah dengan menghentikan proses terbakar dengan segera agar kerusakan atau luka yang terjadi tidak semakin parah. Jika terkena api, segera padamkan api nya. Jika kasusnya terkena air panas seperti saya, segera hindarkan air panas itu dari kulit.
  • Dinginkan luka dengan air biasa, yaitu air bersih dengan suhu ruang, hindari penggunaan es atau air dingin. Penggunaan air es justru akan membuat kulit yang terbakar semakin parah kondisinya.
  • Singkirkan pakaian atau aksesori yang dapat menutupi luka bakar.
  • Membersihkan luka dan kemudian menutupnya.
  • Mengkonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit yang bisa dibeli di Go Apotik.


Pengobatan di Rumah Sakit

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan di rumah sakit, dimana ketika di rumah sakit biasanya akan diberikan beberapa langkah pengobatan seperti:

  • Langkah pertama adalah diberikan obat untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Dilakukan perawatan dengan air seperti terapi ultrasound, yaitu kabut air yang mempunyai manfaat untuk membersihkan luka.
  • Diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi.
  • Diberikan perban untuk mencegah infeksi.
  • Menggunakan cairan infus, krim salep, dan juga suntikan tetanus.


Langkah Pembedahan

Hal terakhir untuk menangani luka bakar adalah dengan dilakukan pembedahan. Jika luka bakar cukup serius, maka tim medis akan melakukan langkah pembedahan. Hal ini tentu saja dilakukan oleh profesional dengan beberapa prosedur seperti:

  • Langkah pertama adalah dengan membuang koreng yang ada di sekitar luka bakar.
  • Selanjutnya selang makanan dipasang untuk menutrisi tubuh.
  • Dilakukan pencangkokan kulit.
  • Dilakukan operasi plastik oleh dokter bedah.
  • Menggunakan alat bantu pernafasan apabila luka bakar terjadi di sekitar leher dan wajah.


Demikianlah penanganan luka bakar yang tepat dari mulai luka bakar ringan hingga luka bakar berat. Saran saya lebih baik mencari pertolongan medis jika luka bakar nya dirasa cukup parah. Jangan lupa untuk terus berjaga-jaga dengan cara selalu sedia obat luka bakar dan obat penghilang nyeri di rumah.

Thursday, 21 March 2019

Sekarang, Kita Bisa Ekspor Listrik ke PLN Loh!


Wait.. What? Beneran nih?

Yes, ini beneran. Judulnya bener kok. Gimana caranya? Simak yuk sampai tuntas!

Mulai tanggal 1 Januai 2019, kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan peraturan baru, yaitu peraturan Kementerian ESDM no 49 tahun 2018. Peraturan ini berkaitan dengan pemanfaatan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Semua konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) dapat memproduksi listrik sendiri, bahkan dapat men"jual" atau mengekspor kelebihan daya nya ke PLN, melalui pemasangan PLTS Atap. Mereka yang disebut konsumen PLN terbagi menjadi 5; kalangan sosial, kalangan rumah tangga, pelaku bisnis, industri, dan pemerintah.

Masih bingung? Keep reading ya.

Apa Itu PLTS Atap?

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap adalah jenis pembangkit listrik yang memanfaatkan sinar matahari menggunakan Photovoltaic (PV) yang diletakkan di atap rumah/bangunan. Komponen PLTS Atap terdiri Photovoltaic atau modul surya, Inverter, sambungan listrik pelanggan, sistem pengaman, dan kWh meter EXIM (Ekspor-Impor).

Peraturan Menteri ESDM ini hanya berlaku bagi pemasang PLTS Atap tipe On-Grid, yaitu PLTS yang masih tersambung dengan listrik PLN. Selengkapnya mengenai PLTS On-Grid ini pernah saya bahas di artikel yang berjudul Mengenal Sumber Energi Terbarukan Part 1: PLTS. Bagi yang belum baca, boleh dibaca artikelnya, lumayan buat nambah wawasan.

Sumber: www.solarenergyreviews.info

Lalu, Apa Tujuan Dibuatnya PERMEN ini?

Kementerian ESDM merancang hal ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan manfaat bagi konsumen/masyarakat, dan juga bagi pemerintah sendiri.

Manfaat yang dapat dirasakan langsung bagi masyarakat pengguna PLTS Atap adalah penghematan atau pengurangan tagihan listrik per bulannya. Jumlah yang bisa dihemat minimal 30% nya, bahkan di proyek lain, penghematan bisa mencapai 50-70%, tergantung kapasitas yang terpasang.

Jika tahun lalu konsumen dibatasi hanya bisa memasang PLTS maksimal 25 kilo Watt peak (kWp) saja, maka per 1 Januari 2019 semua konsumen PLN dapat memasang PLTS hingga 100% daya tersambung konsumen dari PLN. Contoh sederhana, jika daya terpasang di rumah kita sebesar 1500 Watt, maka kita bisa memasang PLTS dengan kapasitas 1500 Watt peak juga.

Penggunaan PLTS Atap juga bertujuan untuk memberikan peran serta kepada masyarakat dalam upaya pemanfaatan dan pengelolaan sumber energi terbarukan. Tenaga Surya adalah sumber energi terbarukan yang paling memungkinkan untuk dipasang di rumah atau industri.


Sedangkan manfaat lainnya yang banyak dirasakan pemerintah dan PLN tentang hal ini, yaitu:
  • Meningkatkan peranan Energi Baru Terbarukan dalam bauran energi nasional
  • Percepatan peningkatan pemanfaatan energi surya
  • Mendorong berlangsungnya industri energi surya dalam negeri
  • Meningkatkan investasi Energi Baru Terbarukan
  • Meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi
  • Mengurangi emisi Gas Rumah Kaca
  • Meningkatkan lapangan kerja
Skema Expor-Impor Daya Listrik

Setelah paham tentang peraturan kementerian ESDM mengenai PLTS Atap dan juga beberapa manfaatnya, sekarang saya akan jelaskan inti dari artikel ini. Bagaimana caranya kita menjual atau mengekspor daya listrik ke PLN?

Saya akan mengilustrasikan dengan konsep yang sederhana agar mudah dipahami. Saya ambil contoh, seandainya kita memasang PLTS di atap rumah kita. Katakanlah, kita menggunakan listrik dengan daya terpasang 1500 Watt dari PLN. Kemudian, kita juga memasang PLTS dengan daya yang sama  yaitu 1500 Watt peak dengan sistem On-Grid. 

Di siang hari, anggaplah bahwa matahari bersinar dengan cerah selama 8 jam, sehingga energi yang terbangkitkan sangat besar, maka kita akan menggunakan listrik dari PLTS langsung. Jika seandainya di siang hari kita tidak menggunakan peralatan listrik atau daya listrik yang digunakan sedikit dan ada kelebihan daya yang terbangkitkan, maka kelebihan daya ini akan otomatis ter-ekspor ke PLN.

PLN akan mem"beli" kelebihan daya yang kita ekspor tadi dalam bentuk kredit. Kredit ini digunakan untuk mengurangi tagihan listrik kita per bulan nya. Atau, kelebihan daya ini bisa kita impor untuk penggunaan peralatan listrik di malam hari, dimana tidak ada sama sekali cahaya matahari.

Proses Permohonan PLTS Atap

Bagaimana, tertarik ga nih untuk pasang PLTS Atap di rumahnya? Kalau tertarik, maka ada tahapan yang perlu kita lalui untuk merasakan manfaat dari pemasangan PLTS Atap ini. Proses nya bisa dilihat di skema di bawah ini.


PLTS Membangun Masa Depan

Pasti banyak yang ingin tahu berapa sih harga yang mesti dibayar untuk membangun sebuah PLTS dengan sistem On-Grid? Jawabannya adalah tergantung kapasitas yang  dipasang. Sebagai gambaran, kisaran harga untuk pemasangan 1000 Watt peak dengan sistem On-Grid adalah sekitar 40-50 juta rupiah.

Waah, kok mahal ya? Betul, sistem PLTS memang tidak bisa dikatakan murah. Namun, Tenaga Surya sebetulnya adalah investasi jangka panjang, mengingat sumber energi listrik kita yang berasal dari fosil dan batu bara, ketersediaannya sudah mulai menipis. Di lain sisi, tagihan listrik tiap tahunnya cenderung terus menerus naik.  Pemasangan PLTS bisa meringankan tagihan listrik kita tiap bulannya.

Selain itu, tenaga surya adalah salah satu energi terbarukan yang sifatnya akan selalu ada, jumlahnya juga seolah-olah tidak pernah habis, dan yang terpenting adalah ramah lingkungan, karena tidak menyebakan polusi.

Yuk ah, kita bangun Indonesia dengan mendukung pemerintah dalam upaya pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan ini. Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah lama sekali loh, menerapkan hal ini, masa kita engga?

Friday, 15 March 2019

Blogger Day 2019: Trans Studio Bandung Jadi Saksi Persahabatan Kami

Sebelumnya mau curhat dulu. Awal tau ada acara ini justru bukan dari media sosial Blogger Crony, tapi dari sebuah WA japri dari teh Herva. Beliau yang mengajak saya untuk mengisi sebuah form. Begitu dilihat, ternyata acara dalam rangka ulang tahun Blogger Crony yang ke-4.

Saya sebagai bloher pemalu dan pemula, coba-coba aja isi form ini. Saat itu saya sama sekali tak menaruh harapan banyak. Beberapa hari kemudian, ada email masuk yang menyatakan bahwa saya terpilih menjadi salah satu peserta Blogger Day 2019. Bagaimana reaksi saya? Tentunya sangat bahagia. Saya membayangkan, acara ini akan sangat ciamik dan berfaedah, bertemu langsung bersama 100 blogger se-Jawa, yang selama ini hanya bisa ku sapa di dunia maya. Belum lagi rangkaian acaranya yang tak sekedar menghibur, tapi juga bermanfaat.

Namun di sisi lain, saya galau. Ya, apalagi yang di-galau-kan seorang mamak selain anaknya. Satu sisi, saya merasa berat karena harus meninggalkan anak selama dua hari lagi, setelah dari Senin sampai Jumat saya tinggal juga bekerja. Tambah galau lagi karena harinya bertepatan dengan ulangtahun anak saya. Di sisi lain, saya tertarik dengan acara ini dan berfikir, kapan lagi bisa ikut? Kapan lagi ada momen silaturahim bersama 100 blogger?

Mundur, jangan? Tapi teh Herva terus memberi kata-kata yang bikin saya makin bingung.

"Ayo, teh, kapan lagi coba? aku mah pengen banget naik Wahana Trans Studio teh,"

Tapi teh Herva nya sendiri batal ikut 😛, sakit ternyata, semoga cepet sembuh.

Saya lalu menghubungi suami, meminta izin, sekaligus meminta kerelaan hatinya untuk menjaga Fatih selama 2 hari. Tak disangka, suami langsung mengiyakan dan mengizinkan saya mengikuti acara ini, dan ikhlas ga masuk kantor demi menemani anak kami. Ahh kalau suami sudah ridho, rasanya jadi plong. Terimakasih ya, suami, semoga kebaikannya diganjar pahala yang berlipat.

Blogger Day Hari Pertama

Hari pertama kami dimulai di Trans Studio Bandung. Apa yang kalian bayangkan jika mendengar nama Trans Studio Bandung? Mungkin beberapa orang akan menjawab, tempat wisata, seru, menguji adrenalin, hiburan, refreshing, wisata edukasi,  dan lain sebagainya. Tentu saya pun akan setuju dengan semua pernyataan tadi.

Saya sebagai orang Bandung asli, merasa bangga bahwa Bandung telah dipilih sebagai tempat dibangunnya salah satu wahana indoor theme park terbesar di dunia. Kebanggaan itu menjadi semakin besar ketika mendengar bahwa Trans Studio Bandung menerima anugerah sebagai “Destinasi Wisata Terbaik di Kota Bandung tahun 2018”.

Saya yakin, raut wajah bahagia akan terpancar dari 100 blogger yang akan menikmati semua wahana Trans Studio Bandung. Bagaimana tidak, Trans Studio Bandung menghadirkan wahana dan atraksi yang membuat bahagia para pengunjungnya yang terbagi menjadi 3 Zona secara umum.

Zona pertama yaitu Zona Studio Central yang memiliki tema gemerlap dunia layar lebar. Wahana yang tersedia di zona ini menurut saya cukup menantang. Ada Racing Coaster, Pemburu Badai, Vertigo dan Giant Swing. Bagi pecinta wahana ekstrim, wahana di sini ga boleh dilewatkan begitu saja. Bagi orang-orang yang sedang patah hati, cintanya bertepuk sebelah tangan, atau kita-kita yang sudah jenuh dikejar deadline, lupakan sejenak masalah kalian di wahana-wahana ini. Tumpahkan emosi kalian, puas-puasin jejeritan.

Wahana Giant Swing
Selanjutnya, ada Zona Lost City yang bertemakan pedalaman hutan Amazon. Wahana yang bisa dinikmati di sini ada Pirates Ship, yaitu berkeliling menggunakan perahu gantung dan melihat pemandangan Trans Studio Bandung dari atas. Diantara beberapa wahana lain di Zona ini, menurut saya ini adalah wahana yang paling aman jika membawa anak-anak, tapi tentunya harus dalam pengawasan orang dewasa.

Selain Pirates Ship, ada pula wahana Jelajah dan Kong Climber. Wahana Kong Climber menurut saya adalah satu-satunya wahana yang selain menantang, juga bikin sehat karena melatih otot. Jadi jika ingin memanjat di wahana Kong Climber, sebaiknya di pagi hari, di saat tenaga masih segar. Lalu jangan lupa, untuk melakukan sedikit pemanasan sebelum memanjat agar setelahnya badan tidak pegal.

Terakhir, ada Zona Magic Corner dimana ada wahana Dunia Lain. Hayoo, yang ngaku ga takut sama hantu silahkan coba masuk ke sini. Ada juga wahana Ocean World. Menurut saya wahana ini cocok bagi orangtua yang membawa anaknya, karena ada begitu banyak pengetahuan tentang dunia laut di sini. Selain pengetahuan tentang fauna dan biota laut, di sini juga ada edukasi tentang penyelamatan diri saat terjadi musibah di tengah laut. Menarik banget ga sih? Senengnya dapet, ilmu nya juga dapet.



Saran saya, kalau ingin puas menikmati semua wahana di sini, datanglah lebih pagi. Selain wahana-wahana seru, Trans Studio Bandung juga menyajikan banyak sekali show dan performance dimulai dari Opening Dance yang dilakukan oleh seluruh karyawan Trans Studio Bandung. Kemeriahan dilanjut dengan pertunjukan Vintage Band dan  "Icon Session" yang di dalamnya terdapat theme park dance, baby shark dance, dan zoo crew dance.

Selanjutnya ada 4 show besar yang harus banget disaksikan pengunjung Trans Studio Bandung. Ada pertunjukan sulap berjudul It’s Magic, pertunjukan sirkus yang berjudul BEDROCK Circous, Special Effect Action yang menunjukkan kisah dibalik layar film action, dan terakhir ada Magical Parade of Zoo Crew.

Saya termasuk beruntung karena  masih bisa menonton pertunjukan terakhir karena saat itu kami datang lebih siang. Pertunjukannya sebagus dan se-meriah itu. Duuh kalau bawa anak pasti dia betah banget deh liat kelap kelip lampu dan kerennya kostum yang mereka pakai.

Kemeriahan Magical Parade of Zoo Crew
Hampir 3 jam lebih saya menghabiskan waktu di Wahana Trans Studio Bandung, tapi kayak ga  kerasa. Sepertinya memang harus datang lebih pagi agar puas menikmati semua wahana di sini. Saya juga ga perlu khawatir ninggalin sholat, karena mushola nya ada di dalam area Trans Studio Bandung.

Jam operasional Trans Studio Bandung dimulai pukul 10.00-18.00 untuk hari Senin-Jumat, dan pukul 10.00-19.00 untuk Sabtu dan Minggu. Sementara, harga tiketnya Rp 180.000,- untuk hari Senin-Kamis, Rp 200.000,- untuk hari Jumat, dan Rp 280.000,- untuk Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional.

Menurut saya cukup worthed sih, karena tiket ini berlaku untuk dinikmati di semua wahana Trans Studio Bandung. Selain itu, untuk mendirikan wahana di sini bukanlah pekerjaan mudah. Sebagai orang engineering, saya takjub aja begitu melihat semua wahana di sini, apalagi wahana-wahana ekstrimnya. Butuh perhitungan sedemikian rupa agar semua pengunjung bisa menikmati wahana dengan jaminan keselamatan 100%. Terlebih lagi, ini adalah wahana indoor dan semua wahana terletak di lantai atas.

Eh, tapi Trans Studio Bandung sering mengadakan promo loh. Jangan lupa cek promo Trans Studio Bandung di website resmi dan official account nya ya.

Satu hal lagi yang saya rasakan di Trans Studio Bandung saat itu, yaitu, kehangatan, kekeluargaan, kekompakkan, dan persahabatan. Trans Studio Bandung telah menyatukan kami, para blogger se-Jawa hari itu. Walaupun kita berbeda daerah, berbeda kesukaan, berbeda pilihan, berbeda cara pandang, tapi semuanya seolah tak terlihat begitu kami bergembira ria menikmati semua wahana di sini. Terimakasih Trans Studio Bandung!

Trans Studio Bandung
Jl. Gatot Subroto no. 29 Bandung
Website: www.transstudiobandung.com
Instagram: transstudio.bandung


Blogger Day Hari Ke-2


Keseruan Blogger Day masih berlanjut. Di hari ke-dua, saya rasa inilah acara puncaknya dan rugi banget kalau sampai ga hadir. Acara Blogger Day hari ke-2 bertempat di Crowne Plaza, Jl. Lembong no.19, Bandung. Saya senang karena lokasi hotel ini strategis, berada di pusat kota, dan dekat kemana-mana. Dari stasiun Bandung saya hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit.

Tentang Crowne Plaza Bandung

Crowne Plaza Bandung adalah hotel bintang lima di pusat kota Bandung yang menyajikan standar tertinggi dalam segi fasiilitas dan layanan untuk memanjakan tamunya. Hotel Crowne Plaza Bandung sebagai bagian dari InterContinental Hotel Group (IHG), menawarkan 270 kamar hotel dengan 8 tipe kamar yang memenuhin berbagai kebutuhan tamu. Jenis-jenis kamar tersebut adalah Deluxe Room, Club Room, Premier Club, Junior Suite, Executive Suite, Grand Suite, Family Suite, dan Pajajaran Suite, dengan rentang harga mulai dari Rp.1.400.000.

Fasilitas pendukung lain juga dirancang untuk berbagai acara seperti gala dinner, seminar, bahkan sampai resepsi pernikahan yang indah. Penyelanggara acara bisa menggunakan ruangan-ruangan komprehensif seperti: Braga Ballroom, Dago Meeting Room, Pasteur Meeting Room, Lembong Meeting Room, dan Business Center. Di acara Blogger Day kemarin, kami menempati Meeting Room di lantai 3.

Fasilitas lain yang tak kalah unggul adalah kolam renang yang memiliki pemandangan langsung ke kota Bandung, pusat kebugaran 24 jam, Spa Uluwatu Bali, Mosaic All Day Dining, Connexions Lobby Lounge, Mountain View Poolside Bar, dan juga Kids Club. Saya yakin, semua fasilitas ini akan secara langsung memanjakan tamunya.

Tim staycation mana suaranya? Pasti kalian bakal betah di sini. Fasilitas Wifi nya pun juara. Kami yang sedang mengikuti acara di meeting room saja bahkan bisa menikmati fasilitas WiFi nya.



Saya juga suka dengan konsep dan desain hotel nya. Benar-benar artistik, modern, dan surga bagi para pemburu tempat yang instagramable. Desain interior nya memberikan kesan bahwa hotel ini memang tidak asal-asalan dalam menyajikan kenyamanan bagi para tamunya. Semua staff di sini juga ramah, bahkan mulai dari satpam nya.

Rangkaian Acara Blogger Day Hari ke-2

Sambil menunggu peserta lain hadir, kami menikmati menu buffet saat Coffee Break. Acara kemudian dimulai pukul 10 pagi, dibuka oleh kak Satto Raji dan kak Raja Lubis sebagai MC. Dilanjut dengan sambutan dari kak Wardah Fajri sebagai co Founder dari komunitas Blogger Crony.

Sebelum masuk ke acara utama, panitia mengumumkan peserta yang terpilih sebagai Best Videogram. Hehe, ga  nyangka aja saya bakal jadi salah satu pemenang nya. Alhamdulillah, ga sia-sia juga usaha saya gunting gambar lalu merangkai nya menjadi sebuah video, sambil curi-curi waktu di kantor. Seneng nya bukan karena nominal hadiah nya, tapi lebih ke perasaan bahagia karena ada yang mengapresiasi karya saya. Terimakasih ya, BCC!


Stress Management dari Lineation
Menuju ke acara utama, kami kemudian dipandu oleh kak Zata Ligouw sebagai moderator. Nah, ini dia acara yang saya tunggu. Saya memang belum pernah bertemu dr. David, tapi saya pernah mendengar dari beberapa blogger tentang beliau. Se-penasaran itu saya terhadap beliau.

Di segmen stress management ini, dr. David bukan sekedar memberi teori. Beliau betul-betul terlibat secara langsung dengan semua peserta. Dr. David mengajukan beberapa pertanyaan:
Sudahkan kamu mencintai diri sendiri?
Kapan terakhir bilang ‘aku menyayangi kamu’ kepada orang lain?
Kapan terakhir kali mengucapkan terimakasih pada diri sendiri?
Kapan terakhir kali memaafkan diri sendiri?
Siapa yang lebih sayang terhadap binatang daripada diri sendiri?
Sesungguhnya itu adalah kalimat pertanyaan yang pendek namun luar biasa sekali makna nya. Bukan hanya itu dr. David juga menyampaikan sesuatu yang akan selalu saya ingat, yaitu tentang konsep giving and receiving. Selama ini saya selalu berharap mendapatkan penerimaan dan juga balasan kebaikan dari orang-orang. Mungkin itu yang membuat saya sering merasa minder, kesal, bahkan sampai berprasangka buruk.

Dr. David benar-benar mengajak saya untuk terus membenahi diri, untuk terus membuang jauh-jauh emosi negatif yang ada pada diri saya. Pantaslah jika aura positif beliau terpancar bahkan sampai saya merinding dibuatnya, ternyata beliau memang seorang dokter ahli dan menaungi salah satu klinik estetika di Bandung, yaitu Lineation Aesthetic & Health Care Bandung.

Tentang Lineation Aesthetic & Health Care Bandung

Lineation Aesthetic & Health Care berawal dari nama DF Clinic di tahun 2008. Kemudian, di tahun 2017 klinik ini bertransformasi menjadi One Stop Aesthetic & Health Care di Bandung. Klinik bertema Korea ini memiliki banyak layanan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat banyak.
Layanan tersebut yaitu layanan kesehatan umum, gigi, apotek, fisioterapi, akupunktur, layanan kecantikan seperti skin care, botox, filler, thread lift hingga bedah plastik, layanan untuk ibu dan anak, layanan salon seperti make up, bridal dan hair treatment, medical check up lengkap, hingga layanan stress management

Terapi Bars, salah satu layanan kesehatan jiwa yang ada di Lineation
Semua layanan yang tersedia didukung oleh 6 dokter, 2 Tenaga Ahli (Fisioterapis & Akupunktur), serta beautician dan nurse untuk mendukung operasional.

Lokasi Lineation Aesthetic & Health Care sangat strategis, sekitar 5 menit berkendara dari pintu gerbang tol Pasteur. Lebih tepatnya, berada di Jl. Leumah Nendeut No.10, Sarijadi, Bandung. Lokasi yang strategis serta layanan yang lengkap menjadikan masyarakat tak perlu lagi mencari klinik lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dan kecantikannya.

Happy-Healthy-Beauty menjadi slogan Lineation Aesthetic & Health Care, karena Lineation memahami kebutuhan masyarakat yang tak hanya menginginkan kesehatan dan kecantikan saja, tapi juga meliputi jiwa yang bahagia.

Fasilitas yang tersedia di Lineation Aesthetic & Health Care semuanya lengkap, dimulai dari welcome drink untuk para pengunjung, ruang tindakan dengan alat yang lengkap, kenyamanan ruangan, dokter yang bersertifikat, hingga keramahan semua staff.

Penutup

Setelah sesi Stress Management selesai, kami semua diarahkan  menuju Mosaic Cafe di lantai dasar untuk menikmati makan siang. Waw, saya terkejut begitu melihat jamuan makan siangnya, nasi liwet lengkap dengan lauk pauk dengan konsep bancakan! Duh, saya jadi inget style makan saat camping, pasti seperti ini. 

Setelah selesai makan dan sholat, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang sangat berfaedah, yaitu workshop menulis bersama kak Anwari Natari. Kami dilatih mengenai perbedaan antara story telling dan copy writing. Sesungguhnya saya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, saya jadi sadar bahwa selama ini selain SEO, tata bahasa juga perlu saya fikirkan dalam membuat suatu konten. Tulisan-tulisan di blog saya ternyata masih banyak yang kurang sesuai dengan konsep story telling dan copy writing.

Setelah workshop selesai, kak Anwari memberikan hadiah bagi mereka yang tulisannya bagus dan sesuai struktur. Saya belum kebagian hadiahnya, hehe, sepertinya saya perlu banyak belajar lagi.
Di akhir acara, banyak sekali kejutan yang kami dapatkan. Kami mendapatkan Shampo Rosemary dari Lineation. Selain itu, kejutan datang dari Bolu Susu Lembang. Masing-masing peserta mendapatkan 2 kotak bolu! Waahh senangnyaa.. Datang dengan tangan hampa, pulang bawa gembolan, hehehe.

Acara ditutup dengan seremonial 4 tahun BCC, penghargaan kepada kak Dita Indrihapsari sebagai Most Wanted Blog Award (selamat ya! aku salut deh beneran!), pelantikan pengurus Blogger Crony Network, dan hadiah bagi mereka yang menjadi pemenang Best Medsos Post. Selamat yaa semuanya!

Sekali lagi, terimakasih yaa Blogger Crony Community! Baru kali ini saya mengikuti acara yang konsep nya benar-benar keren. Seneng-seneng nya dapet, ilmunya dapet, oleh-oleh nya juga dapet.

Semoga masih ada lagi Blogger Day di tahun depan, dan saya bisa ikut lagi!

Bloggerday 2019 di Bandung 2-3 Maret 2019 didukung oleh Bolu Susu Lembang, Blue Bird dan Big Bird, Raka FM dan Sonora FM, AHRA Reflexology by Nest, BloggerPreneur Bloggercrony Community, Blogger Bandung, Endeus TV dan tentu saja BCC Squad bersama para pengurus komunitas Bloggercrony Network (BCN) dan BCN Executive (pengurus harian BCC).

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].

Read more https://almanhaj.or.id/2658-betapa-penting-menyambung-silaturahmi.html

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done