Inilah Rahasia Di Balik Siwak yang Dianjurkan Nabi - Afifah Haq
News Update
Loading...

Monday, 1 June 2020

Inilah Rahasia Di Balik Siwak yang Dianjurkan Nabi


Siwak yang dianjurkan nabi ternyata memiliki segudang manfaat

“Seandainya tidak memberatkan ummatku, niscaya akan aku wajibkan mereka bersiwak 5x dalam sehari” (Al-Hadits)

Begitulah kira-kira penggalan hadits Nabi Muhammad S.A.W berkenaan dengan siwak. Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa, selain beribadah, Rasulullah juga sangat menganjurkan ummatnya untuk menjaga kebersihan gigi dengan cara bersiwak.

Siwak adalah batang kayu atau ranting dari sebuah pohon, biasanya berasal dari pohon arak (Salvadora Persica). Bentuknya seperti ranting pohon biasa berdiameter kira-kira 0.8-1 cm. Kayu siwak ini memiliki banyak serat pada batangnya dan juga memiliki aroma yang khas.

Manfaat Siwak


Siwak mempunyai kandungan yang sangat beragam dan bermanfaat bagi gigi dan rongga mulut. Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa Salvadora persica atau kayu siwak mengandung fluoride alami, chloride, vitamin C, silica, trimethylamine, salvadorine, sulphur, minyak, resins dan tannin, dan sterol.

Semua zat aktif alami yang terkandung pada siwak ini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Diantaranya ialah:
  • Kandungan trimetalamin (TMA) pada siwak mampu mencegah terbentuknya plak, karena zat ini mampu mencegah endapan partikel dan sisa-sisa makanan pada sela gigi. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai antibakteri alami.
  • Kandungan fluoride alaminya melindungi gigi, sehingga gigi terhindar dari masalah gigi berlubang.
  • Vitamin C alami dapat memelihara kesehatan rongga mulut dan gusi
  • Antibakteri alaminya dapat mencegah bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar

Banyak sekali ya manfaat dari siwak ini. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) pun menyarankan siwak dalam perawatan gigi. Namun masalahnya, tidak semua orang bisa mendapatkan siwak dengan mudah. Pengalaman saya pribadi, saya hanya bisa menemukan siwak di tempat-tempat tertentu. Terlebih, tidak semua orang juga terbiasa dan bisa menggunakan siwak untuk membersihkan gigi.

Manfaat siwak dapat memelihara kesehatan gigi


Sasha, Pasta Gigi Siwak Pencegah Gigi Berlubang


Ada kabar baik, sekarang kita tidak perlu bingung lagi mencari dan menggunakan siwak. Sasha adalah pasta gigi berlubang yang sudah mengandung siwak asli di dalamnya. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh fakultas kedokteran gigi Universitas Airlangga, efektifitas siwak yang terkandung pada pasta gigi sama baiknya dengan penggunaan siwak asli. Pasta gigi Sasha juga mudah ditemukan dimana-mana.

Setidaknya ada 3 alasan utama yang bisa jadi pertimbangan mengapa harus memilih pasta gigi Sasha.
Pertama, selain mengandung siwak, pasta gigi Sasha juga mengandung fluoride dan kalsium. Siwak, fluoride, dan kalsium terbukti efektif untuk mencegah masalah gigi berlubang. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masalah gigi berlubang adalah masalah yang umum terjadi, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Gigi berlubang biasanya menjadi penyebab utama sakit gigi.

Masalah gigi berlubang dialami oleh 92% anak-anak dan 88% orang dewasa, termasuk saya. Hehe. Penyebab gigi berlubang bermacam-macam. Mulai dari konsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan, penggunaan obat atau suplemen yang mengandung gula, jarang menyikat gigi, dan bisa juga disebabkan karena tidak menggunakan pasta gigi ber-fluoride.

Sasha pasta gigi pencegah gigi berlubang mengandung siwak fluoride dan kalsium



Alasan kedua mengapa Sasha jadi pasta gigi pilihan keluarga adalah pasta gigi ini sudah mengantongi label Halal dari MUI. Zaman sekarang, Halal tidak hanya sebagai suatu kewajiban. Label HALAL seolah menjadi gaya hidup di masa kini. Terlebih lagi bagi umat muslim, menggunakan produk yang sudah ada label HALAL tentunya membuat ketenangan sendiri saat memakainya.

Terakhir, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang tidak mengandung bahan hewani dan juga tidak mengandung alkohol. Makin kuat deh alasan untuk pakai pasta gigi Sasha saat menyikat gigi.

Review Pasta Gigi Sasha


Sebelumnya, saya memang pernah menggunakan pasta gigi Sasha, tapi dengan kemasan yang berbeda. Sebelumnya saya menggunakan pasta gigi Sasha varian Herbal dengan kemasan berwarna kuning keemasan. Sementara, pasta gigi Sasha yang saya ulas kali ini memiliki kemasan bernuansa putih dan merah. Namun keduanya sama-sama memiliki kandungan siwak asli di dalamnya.


Kemasan Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang


Pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang dikemas dalam sebuah tube plastik dengan tutup menggunakan sistem ulir. Pasta gigi siwak ini memiliki 2 jenis ukuran kemasan, yaitu kemasan 65gr dan kemasan 150gr. 2 jenis ukuran ini bisa kita pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Kalau saya sih, karena masih tinggal dengan orangtua dan jumlah orang di rumah lumayan banyak, jadi saya akan cenderung menggunakan kemasan ukuran 150gr.

Sasha pasta gigi siwak yang halal bebas alkohol dan bebas bahan hewan



Review Pasta Gigi dan Kesan Pemakaian Sasha Pencegah Gigi Berlubang


Pasta gigi Sasha berwarna putih, dengan butiran berwarna kecoklatan yang berasal dari serpihan siwak asli. Aroma khas siwaknya terasa namun tidak begitu mengganggu karena ada campuran aroma mint.

Kalau kalian coba siwak asli, itu aromanya cukup aneh bagi yang belum terbiasa. Namun Sasha menutupi aroma siwak ini dengan tambahan aroma mint, sehingga pasta gigi ini memiliki aroma yang segar.

Untuk busa yang dihasilkan dari pasta gigi ini saya kira cukup, tidak terlalu banyak. “Rasa”nya juga tidak terlalu “pedas”, mungkin karena pasta gigi ini tidak mengandung alkohol. Bagi saya yang sedang hamil, ini ga bikin mual sama sekali.

Kesan yang saya rasakan setelah menyikat gigi dengan pasta gigi Sasha adalah gigi terasa lebih bersih dan mulut terasa segar. Sementara untuk efek menghilangkan plak nya sendiri saya masih harus lihat kembali setelah 2 minggu pemakaian.

Sasha pasta gigi halal yang dapat mencegah gigi berlubang


Harga Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang


Sasha pasta gigi siwak pencegah gigi berlubang bisa kita temukan dengan mudah di minimarket atau toserba terdekat. Harganya juga cukup terjangkau.

Untuk ukuran 65gr harganya sekitar Rp 6.000, sementara pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ukuran 150gr hargannya hanya Rp10.500,- saja.

Sasha pasta gigi pencegah gigi berlubang juga dapat kita beli secara online melalui link:

Untuk info lebih lengkap mengenai produk ini, kita juga bisa akses media sosial Sasha Indonesia di:
Instagram: @sashaindonesia


Share with your friends

45 comments

  1. ada varian baru dari pasta gigi sasha, aku belum cobain, bisa jaga kesehatan gigi dan gusi

    ReplyDelete
  2. Saya juga pakai sasha karena tertarik sama kandungan siwaknya mbak :D Tapi blm pernah pakai yang varian kemasan merah putih ini, selama ini makai yang gold ma putih hehe. Anak2 juga makai pasta gigi menjelang gede krn gak pedes :D
    Coba ah ntr kalau belanja lagi beli yang varian ini biar gigi tambah sehat :D

    ReplyDelete
  3. Aku pakai pasta gigi bersiwak juga, lho
    Duluuu itu mikir apa sih siwak kek old fashion eh setelah belajar kandungan siwak, masya Allah ternyata bisa mengusir kuman dan bakteri di mulut.

    ReplyDelete
  4. Siwak memang banyak manfaatnya ya untuk kesehatan gigi, nggak salah Rasulullah menganjurkan kita rajin bersiwak,Alhamdulillah ada Sasha jadi bisa memakai pasta gigi ysng mengandung siwak biar gigi lebih kuat

    ReplyDelete
  5. siwak memang dikenal untuk membersihkan gigi dan mulut. sekarang jadi lebih praktis ya karena dah terkandung dalam pasta gigi sasha

    ReplyDelete
  6. Kalau pakai produk halal, jadi zero was-was ya, mba.

    Btw, aku belum pernah coba Sasha siwak, saudara produk Sasha lainnya.
    Boleh nih jadi daftar referensi :)

    ReplyDelete
  7. Ternyta banyaaakk banget faedah dan hikmah kalo kita ikuti sunnah dan gaya hidup ala RASUL ya Mba
    Siappp, mau cari produk ini ahh

    ReplyDelete
  8. Aku suka pakai Sasha untuk gigi berlubang karena efek segar yang terasa banget setelah selesai gosok gigi 😍

    ReplyDelete
  9. Aku tahu meski siwak banyak manfaatnya tapi karena gak biasa jadi aneh. Beruntung sekarang ada pasta gigi Sasha yang mengandung siwak. Jadi lebih simpel deh apalagi ada yang buat pencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  10. Belum pernah cobain euy... bagus ya buat perawatan gigi agar terbebas dari gigi berlubang.. ini penting banget..

    ReplyDelete
  11. Ibuku sampai sekarang masih pake siwak mbk. Tapi tetep sikat gigi hehe. Sekarang ada yang praktis, nggak perlu cari siwak. Karena sudah ada pasta gigi Sasha yang mengandung siwak

    ReplyDelete
  12. siwak emang enak ya banyak manfaatnya dari dulu yang penting tenang di hati sebagai muslim. aku sendiri dah make ini sasha mak enak mayan sekeluarga bisa make bareng

    ReplyDelete
  13. Aku pernah pakai Sasha kemasan coklat kalau yang putih ini belum nyobain, ntar mau beli ah buat perawatan gigi

    ReplyDelete
  14. Aku dah nyoba ini jg mba.. Enak friendly sm gusi aku yg sempet bengkak gegara gigi bungsu aku. Tyt krn ada kandunhan siwaknya itu yaa

    ReplyDelete
  15. Yang varian putih ini belum pernah beli, saya baru punya yang siwak saja karena baru tahu dari teman-teman blogger lainnya yang menulis review positif seperti ini.

    ReplyDelete
  16. Dulu aku juga bingung kalau pakai siwak itu harus gimana, apa digigitin kayak tebu. Tapi jaman sekarang udah gampang banget ya kalau mau pakai siwak, kan udah ada pasta gigi Sasha yang mengandung Siwak. Ga perlu repot beli Siwak sendiri. Hehe

    ReplyDelete
  17. siwak memang bagus dan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan mulut, gigi dan gusi kita ya mbaa

    ReplyDelete
  18. Kalau sudah jelas kehalalannya gini kita mantep pakainya ya mba. Apalagi kandungan siwak dengan berbagai manfaat bagi kesehatan gigi, jelas bisa dijadikan andalan keluarga.

    ReplyDelete
  19. dari jaman nabi sudah ada ini siwak dan kini di kemas lebih praktis ya

    ReplyDelete
  20. Kerwn inimsasha, bisa mencegah flak, ini yang paling berbahaya bagi gigi kita, bikin gusi kita turun kalau ada flak

    ReplyDelete
  21. pasta gigi sasha melindungi gigi berlubang karena mengandung flourida, jadi bila makan yang manis manis jangan lupa loh ... gosok giginya pake sasha

    ReplyDelete
  22. Kalau mpo cari siwak gampang banget pergi ke pengajian habib. Kebetulan dijakarta banyak pengajian seperti ini misalnya habib kwitang tiap hari minggu .

    Pokoknya pahala sunah dapat banget saat kita membersihkan dengan pasta siwak

    ReplyDelete
  23. Komplit ya Sasha ini. Ada manfaat siwak dan beberapa kandungan lainnya. Merawat gigi jadi makin mudah saja karena banyak produk2 keren kayak gini.

    ReplyDelete
  24. Dulu sebelum ada Sasha, saya suka mikir pakai siwak itu ribet atau enggak. Ternyata sekarang ada pasta gigi yang mengandung siwak

    ReplyDelete
  25. Sasha itu aman dan pastinya halal. Selain itu, harganya jauh lebih murah. Hmmm... jadi pengen pake Sasha nih.

    ReplyDelete
  26. Kalo dulu zaman Nabi siwak identik dengan kayu yang digenggam, kini beralih menjadi kandungan ya. Sangat alternatif hehe .

    ReplyDelete
  27. Banyak ya manfaat siwak apalagi siwak disunahkan Rasul, untungnya sekarang sudah ada yang berbentuk pasta gigi ya jadi praktis deh

    ReplyDelete
  28. Menjaga kebersihan gigi dan mulut untuk keluarga menjadi prioritasku juga nih, apalagi ditengah pandemi gini. Jangan sampai ada yang sakit gigi deh, makanya selalu menggunakan pasta gigi yang tepat.

    ReplyDelete
  29. Aku pilih siwak karena sesuai sunnah ya sudah mengandung siwak..
    Cuma baru tahu klo ada jenis yg ini..

    ReplyDelete
  30. saya kira karena bersiwak, jadi pasta giginya ada gronjalan2nya. termyata engggak kok, biasa ajah. jd nyaman pakai pasta gigi sasha deh. kami beli yg ukuran kecil juga nih

    ReplyDelete
  31. Siwak ternyata punya kandungan lengkap untuk memelihara Gigi dan mulut ya, mantap 👌

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah yah bukan hanya halal namun juga mampu mencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  33. sekarang udah gak perlu khawatir lagi ya Mbak, Alhamdulillah ada Sasha yang mengandung siwak apalagi sekarang udah ada yang tuk pencegah gigi berlubang ya. wajib ada di rumah nih, secara masalah gigi itu gak bisa terelakkan.

    ReplyDelete
  34. Senang sekali karena di Indonesia hadir produk Sasha yang mengandung Siwak.
    Aku jadi gak pindah ke lain merk pasta gigi sejak pakai Sasha.

    ReplyDelete
  35. Aku dan keluargaku juga pengguna pasta gigi sasha seneng banget karena sekarang ada varian untuk cegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  36. saat pertama kali coba pasta gigi siwak, kebayangnya ah pasti ngga enak ah pasti ini itu.
    setelah merasakan ternyata enak banget pasta gigi siwaknya sasha, saya suka yang herbal.

    ReplyDelete
  37. Aku juga pake shasha di rumah kadang aku taburin bubuk charcoal juga. Ayo donk bikin sikat gigi bambunya jg.

    ReplyDelete
  38. Aku belum nyobain nih yang varian barunya. Harganya murah tapi tetep berkualitas

    ReplyDelete
  39. Wah akhirnya penemuan nyari pasta gigi bersiwak Ditemukan. Thx y mba review y. Semoga nnti cocok d aku

    ReplyDelete
  40. masyaa Allah tabarakallah ternyata manfaat siwak luar biasa ya teh dan yg amaze udah bisa ditemuin di pasta gigi sasha

    ReplyDelete
  41. Senengnya lihat foto keluarga mom di awal, semuanya menunjukkan gigi ygsyg Aku sudah pakai sasha gigi berlubang ini juga lho mom

    ReplyDelete
  42. Biasanya pake pasta gigi yang ber siwak juga, nah sasha siwak ini kelihatan nya patut dicoba juga

    ReplyDelete
  43. Thank you reviewnya mbaaa.. Kebetulan lagi cari info pasta gigi siwak ternyata memang bermanfaat sekali ya untuk kesehatan gigi

    ReplyDelete
  44. Aku belum pernah sikat gigi menggunakan siwak padahal pingim banget nyoba. Oh iya kalau Sasha sih emang terbukti ok ya produknya kak.

    ReplyDelete
  45. Sejak tau manfaat siwak tapi bingung cari dimana, alhamdulillah aku udah ganti pasta gigi di rmh jadi sasha pencegah gigi berlubang ini

    ReplyDelete

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done