[Update 2023] Ini Dia Langkah Membuat Paspor di Bandung

Paspor, merupakan satu-satunya identitas diri kita selama berada di luar Indonesia. Tentulah paspor ini merupakan hal wajib yang harus ada saat bepergian ke luar negeri. Sebetulnya, membuat paspor itu mudah kok! Di artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman saat membuat paspor di kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung.

1. Mendapatkan Nomor Antrian

Sejak bulan Januari 2018, pengambilan nomor antrian paspor dilakukan secara online. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, sehingga tidak perlu lagi datang subuh ke kantor imigrasi hanya untuk mendapatkan nomor antrian. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah calo yang seringkali memanfaatkan situasi seperti ini.

Pertama-tama, kita cukup mengunduh aplikasi M-Paspor di playstore atau appstore.

Aplikasi permohonan paspor terbaru


Setelah selesai ter-install, silahkan membuat akun terlebih dahulu. Isi semua form yang berisi informasi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, nomor handphone, dan kata sandi.

Setelah itu, kita tinggal membuat verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang masuk ke email yang didaftarkan.

Setelah verifikasi akun berhasil, kita bisa langsung log in dan mengajukan permohonan. Tinggal klik saja Pengajuan Permohonan dan ikuti saja langkah selanjutnya.

Di sana, kita diminta untuk memasukkan foto KTP, lalu memasukkan identitas lainnya.

Setelah input data selesai, kita tinggal memilih, kantor cabang imigrasi mana yang sesuai.

Untuk mengetahui kuota permohonan paspor, sebaiknya kita melihat informasi yang biasanya di-update oleh kantor imigrasi Bandung melalui instagram @kantorimigrasibandung

Selanjutnya kita pilih tanggal kedatangan.

Berikutnya, kita tinggal melakukan pembayaran. Agak berbeda dengan sistem dahulu dimana proses pembayaran dilakukan di akhir, kini pembuatan paspor harus melakukan pembayaran di awal. Ada beberapa opsi pembayaran, kita tinggal memilih yang sesuai saja.

Jika pembayaran berhasil dilakukan, kita akan menerima Surat Pengantar untuk dibawa ke kantor imigrasi yang dipilih.

2. Persiapkan Dokumen

Dokumen untuk pengajuan paspor baru ada 3 (tiga):
  1. e-KTP asli dan fotokopi, jika e-KTP belum jadi, bisa menggunakan SUKET atau Surat Keterangan yang didapat setelah kita selesai mengurus e-KTP. KTP harus di-fotokopi di selembar kertas A4, tidak boleh dipotong.
  2. Akte Kelahiran asli dan fotokopi, jika tidak ada, bisa diganti dengan Ijazah, Buku Nikah, atau surat baptis (bisa pilih salah satu).
  3. Kartu Keluarga asli dan fotokopi, Kartu Kelurga juga HARUS yang sudah jadi, bukan yang masih dalam bentuk draft.
  4. Materai 10000
Sedangkan syarat dokumen pengajuan paspor untuk anak yaitu:
  1. e-KTP asli dan fotokopi kedua orangtua
  2. Akte Kelahiran anak asli dan fotokopi
  3. Buku nikah asli dan fotokopi, buku nikah difotokopi mulai dari halaman depan sampai belakang, jika sudah bercerai maka wajib menyertakan akta perceraian
  4. Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  5. Paspor orangtua dan fotokopi, jika ada
  6. Materai 10000, 2 buah
Oh ya, pastikan nama di semua dokumen yang kita ajukan SAMA yaa.. Karena jika nama kita tidak sama satu huruf saja, maka sudah otomatis ditolak oleh petugas imigrasi. Contoh, nama suami saya di akte 'Cepy' menggunakan huruf 'y', sedangkan di KTP dan KK nama nya 'Cepi' menggunakan huruf 'i'. Sudah pasti, petugas imigrasi akan menolak pengajuan paspor suami saya. Untungnya suami saya sudah mengurus hal ini jauh-jauh hari.

Semua dokumen juga harus difotokopi di selembar kertas A4 ya, tidak boleh dipotong.

3. Datang ke Imigrasi

Tibalah saatnya.. Kami bertiga datang ke kantor imigrasi. Sempat deg-degan karena kami terlambat datang satu jam dari jadwal yang seharusnya. Tapi Alhamdulillah, petugas nya memperbolehkan kami mendaftar.

Setelah datang, kami diminta untuk menulis nama. Cukup 1 nama saja jika pengajuan untuk satu keluarga. Beberapa menit menunggu, nama kami akhirnya dipanggil. Petugas pertama kemudian memeriksa semua dokumen kami, yang asli dan fotokopi. Kemudian berkas fotokopi kami dimasukan ke dalam 1 map berwarna  kuning. Kami diberi 2 formulir, satu berupa isian data pribadi, satu lagi merupakan surat pernyataan yang nantinya harus kita tandangani di atas materai.

Setelah formulir selesai diisi, kami mengantri ke petugas selajutnya untuk mengambil nomor antrian wawancara dan foto. Nah, di sini kita harus menunjukkan bukti berupa barcode dari aplikasi Antrian Paspor. Barcode kemudian di scan, dan secara otomatis nomor antrian dan nama kita akan tercetak lewat printer.

4. Wawancara dan Foto

Setelah mendapat nomor antrian, kami menunggu untuk dipanggil wawancara dan foto. Yah, resiko datang telat, jadinya kami menunggu agak lama, ditambah jam istirahat nya petugas imigrasi pula.. :-P jam istirahat petugas imigrasi dari pukul 12.00 sd 13.00. Tak lama setelah jam istirahat lewat, saya dipanggil.

Tahap wawancara ini biasanya tahap yang menentukan juga apakah kita layak mendapatkan paspor atau tidak. Untuk itu, ada aturan yang mewajibkan pemohon menggunakan pakain rapih, baju berkerah dan tidak berwarna putih, serta dilarang menggunakan sandal. Beberapa pertanyaan yang diajukan biasanya seperti ini:
  • "Mau kemana?"
  • "Dengan siapa?"
  • "Kapan?"
  • "Berapa hari di sana?"
Bahkan, pertanyaan yang agak pribadi pun ditanyakan, seperti:
  • "Kerja dimana? Perusahaan di bidang apa? Dimana alamatnya?"
  • "Ke tempat ini tujuannya untuk apa? Ada saudara? Sudah tahu tempat yang akan dituju kemana saja?"
  • "Lulusan D3 ya? D3 nya jurusan apa?"
Beberapa orang yang sudah berpengalaman menyarankan agar kita menjawab dengan jujur. Karena jika tidak jujur, akan ada pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin akan lebih sulit kita jawab lagi. Hal yang paling mudah sih jawab saja untuk liburan. Biasanya jika tujuannya untuk liburan, urusannya tidak akan dipersulit.

5. Pengambilan Paspor

Setelah melakukan pembayaran, paspor dapat kita ambil 4 hari kerja setelah melakukan permohonan. Kebetulan saya membuat permohonan paspor di hari Kamis, jadi saya baru bisa mengambil paspor di hari Rabu pekan depan.

Jangan lupa untuk membawa surat pengantar pembayaran serta bukti pembayaran. Untuk pengambilan sendiri, di beberapa artikel disebutkan untuk membawa KTP asli, tapi saat saya datang kembali untuk pengambilan paspor, saya tidak ditanya dokumen apa-apa kecuali surat pengantar pembayaran tadi dan bukti pembayaran nya.

Saya juga mengambil paspor sekalian untuk suami dan anak saya, tapi petugas pun tidak menagih dokumen apa-apa. Tapi, untuk jaga-jaga, bawa saja fotokopi kartu keluarga jika yang mengambil adalah keluarga sendiri, atau buat surat kuasa jika yang mengambil adalah orang lain. 

6. Tambahan

Bayi di bawah usia 2 tahun dan lansia akan diprioritaskan. Saat mengambil nomor antrian untuk wawancara dan foto, minta lah nomor antrian priority kepada petugas.

Saran saya jika membawa bayi usahakan datang di jam-jam dimana bayi sedang merasa tenang, anteng, tidak di jam tidur nya. Agar saat wawancara dan foto tidak ada drama. Jika bisa datang pagi, datang lah se pagi mungkin walaupun kita dapat jadwal siang hari.

Selesai. Semudah itu. Intinya adalah kita harus siap segalanya mulai dari dokumen, persiapan untuk wawancara, berpakaian rapi, dan datang tepat waktu supaya tidak menunggu lama seperti saya :D 

Related Posts

35 comments

  1. Bermanfaat banget mba, dan deg-degan banget sesi wawancaranya ya, pakai bahasa Indonesia kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah, makasih mbak, iya yang wawancara nya juga orang indonesia ko hehe

      Delete
  2. Ih ini penting banget, aku bookmark ya mbak. Bener-bener aku butuhin. Penjelasannya juga enak, lengkap mudah dipahami. Endolista lah, maaci loh mbak ♥️

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih banyak mbak.. Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Delete
  3. Wah kebetulan banget aku punya rencana ke kantor imigrasi mau ngajuin pasport tapi mau minta ganti ktp dulu karena udah lecek. Jadi gitu ya trik ngantrinya biar dapat kuota. Oke deh, noted. Makasi banyak juga buat trik wawancaranya, berguna banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ku terharu di comment sama admin KEB heuheu.. Makasih banyak sudah mampir dan meninggalkan jejak ya mbakk.. :*

      Delete
  4. Lengkap dan mudah dipahami tulisannya, mba. Saya juga pengen bikin paspor tapi memang belum ada rencana kemana. Ternyata boleh ya bikin walaupun belum ada tujuan dalam waktu dekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya bisa aja, asal waktu diwawancara jawaban kita bisa bikin yakin petugas imigrasi nya aja :D

      Delete
  5. 2 tahun silam ku urus manual tea teh wkkwk pake drama dimarahin petugas tapi akhirnya jadi juga seiring dengan doa wkwkwk kesellah nungguin lama bolak baliknya itu boooo..

    next mah pake antrian online yak teh buat anak2 mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 tahun yang lalu mah emang masih ribet meureun ya.. temen kantor ku juga karena gamau ribet jadinya ke calo deh. Ahaha iya emang petugas imigrasi itu tegas2, tapi kalau ga tegas nanti banyak TKI ilegal :D

      Iya teh, sekarang semua nya sistem online..

      Delete
  6. gampang kok ya ngurus paspor sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. jadi ga usah pake calo-calo an lah yaa :D

      Delete
  7. Mau urus paspor juga di Bandung tapi cek di aplikasi kuota penuh mulu, huhu. Kemarin cek di instagram imigrasi Bandung katanya tambah kuota minggu sore jam 5, tapi masih belum berhasil juga. Baru nemu info di sini Senin pagi. Baiklah besok coba lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya se pengalaman ku Senin pagi ada kuota nya mbak. Kalau Senin pagi masih ga ada kuota please let me know ya.. Biar bisa ku update juga artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak ya 🙏

      Delete
  8. Mau kasih info tambahan nih mba. Saya dapet dari instagram imigrasi bandungnya. Pendaftaran online itu dibuka setiap hari minggu jam 5 sore, tapi pengalaman aku coba daftar jam 4 sore pun sudah bisa, tapi memang sering server error karena banyaknya yg mendaftar. Coba saja berulang-ulang sampai bisa..
    Ini akun instagram imigrasi bandung untuk info lebih jelasnya @kantorimigrasibandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. okay, thankyou infonya ya mbak, kebetulan artikel ini udah lama banget saya buat, saya update ya

      Delete
  9. aku mah 2 kali bolak balik karena ku tidak punya e-ktp jadi waktu itu minta suket remvong bet dah :D

    btw aku mah asa ga pake materai da teh ntar mah harus bawa yak nuhun update-nya

    ReplyDelete
  10. Makasih ya mba afifah.. Membantu sekali. Beda yah ama yg aplikasi dlu. Yg dulu bisa aja buka kapan aja buat milih dan pilihan hari memang ga semua hari bisa dlm sebulan. Sedang skrg dibuka jumat sampe minggu saja dengan hari yg dibuka senin sampe jumat, 1 minggu saja. Kemaren2 ga pernah dapat. Skrg pas dibuka jumat jam setengah 2 aja dah kebuka. .Alhamdulillah rejekinya masih pada kosong hehe

    ReplyDelete
  11. Maaf mbak mau tanya, saya sudah download app ini, tapi kalo mau bikin account nya gimana ya?? Soalnya langsung login gitu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya langsung login pake akun Google kak

      Delete
  12. Mba kalau galewat knline bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sekarang sistemnya online semua kak, untuk ngambil nomor antrian..

      Delete
  13. Wah terimakasih banyak infonya Ka....
    Klo misal saya asli Bogor, bikin di Bandung bisa gaaa yaaa ka? Mohon balesannya ka hehe

    ReplyDelete
  14. Terimakasih banyak ka Infonya... Oiya kakmau nanya klo saya asli bogor tp bikin paspor di bandung bisa ga yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa aja sih kak, paling nanti ditanya kenapa orang Bogor bikin paspor di Bandung, mbak nya jawab jujur aja nanti kalau ditanya.

      Makasih sudah mampir ya kakk

      Delete
  15. Mba nya harus ngmplin bukti perjalanan ke luar negeri gk kaya tiket pesawat , booking hotel ? Ko saya dimintain itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa sih mas? Aku kemarin engga ditanyain kok. Tapi memang di beberapa kasus, harus nyiapin dokumen perjalanan dulu, mungkin tergantung tujuan nya kemana. Waktu itu aku sih bilang nya mau ke Kuala Lumpur aja, ga ditanya2 dokumen tiket pesawat atau booking hotel nya.

      Delete
  16. mbak, waktu ambil passpor antrinya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih kak. Aku 2x ngambil paspor, yang pertama cepet, ga nyampe 15 menit udah dipanggil. Nah yang kedua agak lama, aku nunggu hampir 1 jam. Yang kedua ini waktu ngambil paspor punya anak. Kalau dateng nya pagi2 mungkin bakal cepet.

      Delete
  17. Mau tanya dong mbak. Kalo misalkan gak bawa yang aslinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ga bisa deh kak. Saya waktu buat paspor untuk anak saja ditolak karena waktu itu Akte Kelahiran nya masih dalam bentuk resi.

      Delete
  18. Mbak, saya tuh dapat jadwal 9-10, tapi jam segitu saya ada meeting dulu di kantor.
    Kalau datengnya jam 10an, diterima ga ya?

    ReplyDelete
  19. Kak, itu yang Fotokopi KTP, maksud y KTP y difotokopi gede seukuran kertas A4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalamanku sih fotokopi sesuai ukuran asli KTP nya, di atas kertas A4, kertas nya jangan dipotong. Bukan difotokopi gede segede kertas A4

      Delete

Post a Comment