Penting! Ini Dia Hal yang Harus Si Kecil Penuhi untuk Dukung Imunitas dan Tumbuh Kembangnya


Menjadi seorang ibu ternyata memberikan pengalaman baru, tantangan baru, dan cara pandang yang baru. Jika saat saya masih single, saya merasa mengasuh dan membesarkan anak itu mudah. Ternyata, ketika menjadi ibu, semua itu nampak seperti mendaki gunung. Dari jauh terlihat indah, namun ketika dijalani banyak sekali tanjakan curam, jurang yang menganga, dan halang rintang lainnya.

Salah satu rintangan yang masih menjadi PR besar bagi banyak ibu adalah soal nutrisi anak yang berpengaruh pada imunitas dan tumbuh kembang anak. Kita  bicara soal tumbuh kembang anak Indonesia saja dulu. Data dari UNICEF mengatakan bahwa pada tahun 2019, lebih dari 7 juta anak di bawah 5 tahun mengalami stunting, dan 2 juta balita mengalami wasted. Di sisi lain, 2 juta anak mengalami obesitas. Sementara itu, sekitar 1 dari 4 anak mengalami anemia karena kekurangan vitamin dan mineral.

Data dari RIKESDAS 2018 juga menunjukkan bahwa infeksi dan malnutrisi masih sering ditemui pada anak-anak usia 0-5 tahun. Infeksi yang paling sering ditemui adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sebanyak 13.7% dan gastroenteritis akut atau diare sebanyak 12,8%.

Padahal nih ya, sebetulnya penyakit dan kondisi malnutrisi ini bisa banget dicegah. Caranya adalah dengan mendukung si Kecil agar dia memiliki daya tahan tubuh yang baik, sehingga tubuhnya kuat melawan infeksi virus dan kuman.

Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal


Nah, beberapa waktu lalu, saya beruntung banget bisa hadir dan menyimak acara webseminar yang diselenggarakan oleh Nutriclub. Bahasannya mengenai "Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal". Webinar ini menghadirkan 2 pemateri yang luar biasa dan expert di bidanganya. Ada Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dan Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD



Pada materi pertama, dr. Ariani menjelaskan mengenai hubungan antara nutrisi, sistem imun, dan tumbuh kembang anak. Nutrisi berperan dalam pembentukan dan pematangan sistem imun manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem imun yang baik, dapat diperoleh dari asupan nutrisi yang baik pula. Pun sebaliknya, nutrisi yang buruk akan menyebabkan sistem imun yang buruk. Sistem imun dan tumbuh kembang anak juga berbanding lurus.

Apa saja sih, nutrisi yang diperlukan untuk mendukung imunitas anak dan tumbuh kembangnya?

Pertama adalah nutrisi makro. Nutrisi makro atau makronutrien terdiri dari asam amino, carnosine, LC PUFA, dan karbohidrat, yang masing-masing memiliki fungsi tersendir:

  • Asam amino membantu mengaktivasi sistem pertahanan tubuh, memproduksi antibodi, dan pematangan sel imun. Asam amino dapat diperoleh dari makanan berprotein seperti daging, ikan, telur.
  • Carnosine berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel imun dan menahan aga sel imun tidak cepat mati.
  • LC PUFA atau lemak berperan pada komposisi membran sel sebagai pertahanan tubuh pertama kali, dan sebgai bahan baku untuk membentuk sel imun.
  • Karbohidrat, merupakan sumber energi dalam proses pembentuk sistem imun manusia.
Kedua adalah nutrisi mikro berupa vitamin yaitu vitamin A, C, D, E, B6, B12, Folat, dan mineral berupa zinc, zat besi, selenium, dan tembaga. Vitamin yang membantu memelihara sistem imun manusia memiliki fungsinya masing-masing:

  • Vitamin A menjaga keutuhan dan fungsi mukosa seperti pada saluran pernafasan dan kulit.
  • Vitamin D membantu mengaktifkan dan mengatur sistem sel imun.
  • Vitamin E sebagai antioksidan yang membantu melindungi membran sel dari radikal bebas
  • Vitamin C sebagai lapisan pelindung untuk mencegah bakteri masuk dalam tubuh, sebagai antioksidan, dan merangsang pematangan sel imun.


Kesehatan Saluran Cerna Anak dan Sitem Imunitas Tubuh


Tadi sudah dibahas kan mengenai asupan nutrisi apa saja yang dapat mendukung imunitas si Kecil. Bahasan kemudian berlanjut pada kesehatan saluran cerna yang juga berpengaruh pada sistem imun. Kalau menurut saya sih sebagai orang awam, pencernaan anak itu ibaratnya mesin kendaraan dan nutrisi itu ibarat bensinnya. Kalau bensin nya dikasih yang bagus sementara mesin nya ga sehat, ya sama saja dengan bohong ya.

Apa sih ciri saluran pencernaan yang sehat? Menurut penjelasan dari dr. Ariani yang dapat saya tangkap adalah, adanya keseimbangan pada mikrobiota di dalam usus. Keseimbangan mikrobiota ini penting karena ia memiliki berbagai macam peran:
  • Membantu tubuh mencerna beberapa makanan
  • Menghasilkan beberapa vitamin seperti vitamin B12, folat, dan vitamin K
  • Sebagai regulasi metabolisme energi
  • Melawan mikroorganisme patogen
  • Memberi sinyal untuk tumbuh kembang dan fungsi sistem tubuh
  • Komunikasi Gut-Brain Axis
Apa itu mikrobiota? Mikrobiota adalah sekumpulan bakteri baik dan bakteri jahat pada sistem pencernaan manusia. Ketidakseimbangan mikrobiota dapat menyebabkan asma, alergi, infeksi, obesitas, kelainan metabolik, kelainan pencernaan, inflammatory bowel disorder, perilaku penympangan, dan autisme.

Jadi, kalau misalnya anak-anak kita ada yang terkena salah satu gangguan ini, perlu dicek nih, jangan-jangan keseimbangan mikrobiota nya ga baik.

Pengobatan dan pencegahannya adalah dengan memberikan asupan prebiotik dan probiotik. Prebiotik adalah senyawa natural yang ada dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus. Fungsinya sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Sementara probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus. Fungsinya untuk mendukung kesehatan saluran cerna dan meningkatkan sistem imun tubuh.


Prebiotik FOS GOS untuk Kesehatan Saluran Cerna

Moms sudah tahu belum tentang Oligosakarida? Jadi nih, dari webinar kemarin itu, saya juga baru tahu soal ini. Frukto- dan Galakto-oligosakarida adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh dan memiliki karakteristik prebiotik. Frukto-Oligosakarida (FOS) dan Galakto-Oligosakarida (GOS) ternyata adalah prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan mikrobiota saluran cerna.

Menurut Prof. Yvan, kombinasi prebiotik FOS dan GOS 1:9 dapat merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Selain itu, kombinasi ini juga dapat menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Lebih lanjut, Prof. Yvan menjelaskan tentang GIANT study yang melakukan riset pada 767 anak sehat berusia di atas 1 tahun di 5 negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu. Hasilnya adalah infeksi risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi susu sapi. (Pantipa Chatchatee, Way S. Lee, Eugenia Carrilho, Pensri Kosuwon, Nipat Simakachorn, Yalcin Yavuz, Bastiaan Schouten, Patricia Logtens-de Graaff, and Hania Szajewskae, Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition 2014;58:428-437)



Kesimpulan


Tumbuh kembang anak sangat berkaitan erat dengan sistem imunitas. Sistem imunitas juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi dan kesehatan saluran pencernaan anak. Saluran pencernaan anak yang baik ditandai dengan adanya keseimbangan mikrobiota pada saluran cerna nya.

Prebiotik, seperti FOS dan GOS, akan difermentasikan dalam saluran cerna dan berperan dalam perkembangan mikrobiota yang sehat. Sehingga, prebiotik dapat membantu perkembangan sistem imun yang baik. Berdasarkan penelitian, susu pertumbuhan yang diimplementasikan prebiotik FOS dan GOS dapat membantu menurunkan resiko infeksi pada anak.

Yuk moms, ketahui lebih lanjut mengenai nutrisi pada anak serta  imunitas dan tumbuh kembangnya di website Nutriclub https://www.nutriclub.co.id/ dan instagram @nutriclub_id!



Related Posts

18 comments

  1. Senang sekali bisa ikutan webinarnya ya Mba. Ilmunya dapet banget soal nutrisi untuk mencukupi tumbuh kembang anak. Jadi pengen ikutan Kapan-kapan. Aku juga belum jadi ibu tapi pengen memperbanyak ilmu juga. Semangat

    ReplyDelete
  2. aku juga pernah ikut seminar yg bicara hal serupa mbak, kalau saluran cerna pada anak itu penting banget, bis amempengaruhi tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  3. Pemberian nutrisi pada anak sangat penting sekali disaat seperti sekarang ini. Aku semenjak pandemi ini jadi menggalakan sekali harus buah dan sayur setiap hari.

    ReplyDelete
  4. baca ini saya jadi banyak tahu soal kesehatan buat si kecil, bekal saya kelak kalau sudah punya anak-anak. terima kasih mba sharingnya. tertarik banget sama temanya bahas tentang imun tubuh anak dan saluran cerna, yang saya yakin bahwa masih banyak ibu yang belum paham soal ini

    ReplyDelete
  5. Informasinya sungguh bermanfaat sekali untuk tumbuh kembang anak. Karena merawat ank itu tidak gampang dan perlu banyak belajar. Thank you kak infonya

    ReplyDelete
  6. Wah ini ilmunya bermanfaat banget buat kita sebagai orang tua jadi lebih banyak tau tentang kebutuhan nutrisi anak.

    ReplyDelete
  7. Penting banget probiotik untuk tubuh kita, terutama terkait dengan saluran cerna. Ternyata berpengaruh dengan sistem imun tubuh ya hehe

    ReplyDelete
  8. Tugas jadi ibu itu emang ga gampang ya. Dan tanggung jawabnya seumur hidup. Semua harus bisa, terutama mengutamakan kesehatan tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  9. Nutrisi yang cukup dari sumber makanan serta minuman pilihan memang bisa jadi andalan ya buat tumbuh kembang anak. Dan untuk daya tahan tubuhnya juga. 👌

    ReplyDelete
  10. Penting banget menjaga imunitas tubuh dengan memperhatikan nutrisi, agar tumbuh kembang anak menjadi optimal

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Mba sharingnya, ini lengkap banget deh Mba paparannya. Memang ya tumbuh kembang anak di masa zaman milenial ini tantangannya banyak. Karena di luaran sana banyak banget makanan junk food yang menggoda makanya perlu banget kita perhatikan kadar nutrisi anak di rumah

    ReplyDelete
  12. Wah keren si ilmunya ini.. aku dlu kecil jg bermasalah di pencernaan cuma sptnya masa itu ibuku ga kenal ilmu pergizian spt ini ahahhhhaha

    ReplyDelete
  13. Haturnuhun sharingnya, kaka.
    Seringkali orangtua merasa bingung kalau anaknya sakit di bagian perut karena kurangnya perhatian pada saluran cerna.
    Dengan ikut webinar ini, orangtua lebih aware dengan apa-apa yang diberikan kepada anak.

    ReplyDelete
  14. Nutrisi untuk anak memang penting banget ya, apalagi terkait tumbuh kembang dan sistem pencernaannya

    ReplyDelete
  15. Penting banget nih buat memenuhi asupan nutrisi anak supaya anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

    ReplyDelete
  16. Anak bertumbuh kembang dengan baik itu tidak lain karena tercukupi nutrisinya ya Mba, PR banget buat calon ibu macam aku ini.

    ReplyDelete
  17. banyak masukan yang saya dapatkan mengenai nutrisi dengan ikut acara ini mbak. jadi lebih aware lagi sama nutrisi anak terutama anak keduaku

    ReplyDelete
  18. ribet emang sih jadi makmak, kudu tau istilah2 baru itu. aku pun baru mengetahui hal dasar ini saat mpasi anak kedua, pas mpasi anak pertama cuma sekadarnya aja wkwk

    ReplyDelete

Post a Comment