Kiat Khusus Belajar Listening Bahasa Inggris Agar Cepat Menguasai - Afifah Haq
News Update
Loading...

Wednesday, 26 February 2020

Kiat Khusus Belajar Listening Bahasa Inggris Agar Cepat Menguasai



Dalam belajar bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, keterampilan mendengarkan (listening) merupakan salah satu bagian dasar yang harus dikuasai. Karena tanpa kemampuan mendengarkan yang baik, maka keterampilan berbahasa lainnya (reading, speaking, dan writing) akan susah untuk berkembang. Kemampuan listening tentunya akan sangat berguna saat harus melakukan percakapan dua arah dalam bahasa Inggris. Dimana Kita harus bisa menjadi pendengar yang baik dengan memahami apa yang lawan bicara katakan, sehingga bisa memberikan umpan balik atau feedback agar percakapan bisa berjalan lancar.

Saat Kita belajar bahasa Inggris, baik itu secara otodidak maupun melalui lembaga kursus, melatih listening agar semakin baik menjadi salah satu yang tidak bisa ditinggalkan. Jika Kita belajar melalui lembaga kursus pun, kemampuan listening juga menjadi salah satu yang diujikan. Sehingga Kita memang dituntut untuk menguasainya. Tidak hanya cara mendapat nilai bagus di listening, Kita perlu kiat-kiat khusus agar bisa menguasainya untuk mempermudah dalam mendengarkan segala jenis suara yang berbau bahasa Inggris.

Nah, berikut ini ada beberapa kiat khusus yang bisa Kita lakukan agar bisa menguasai listening bahasa Inggris, yaitu:

  1. Membiasakan mendengarkan lagu berbahasa Inggris.
  2. Menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle, sehingga dapat mengerti secara langsung padanan kosa kata bahasa Inggris dan artinya.
  3. Menyimak percakapan dalam bahasa Inggris ketika native speaker berbicara, seperti ketika kursus bahasa Inggris program EF Adults di English First atau dengan teman sendiri dari negara lain.
  4. Mengenali ragam aksen dan dialek bahasa Inggris, seperti aksen British English dan American English yang memiliki cukup banyak perbedaan.

Nah, itu tadi beberapa kiat khusus bagi Kita yang sedang berusaha belajar bahasa Inggris. Dengan rutin melakukan beberapa tips di atas, maka nantinya kosa kata dalam bahasa Inggris Kita akan semakin bertambah. Selain itu, juga kemampuan listening Kita akan semakin meningkat karena sudah cukup familiar dengan berbagai suara berbahasa Inggris di sekitar Kita. Untuk menunjang kemampuan listening Kita, mengambil kursus singkat untuk memantapkan kemampuan bisa Kita pertimbangkan. English First (EF) bisa menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa dipertimbangkan.

Share with your friends

Give us your opinion

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Maaf komentarnya aku moderasi. Jangan beri komentar anonim atau menyantumkan link hidup ya, karena akan otomatis terhapus ^^

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done