Thursday, 17 May 2018

Berendam dan Menikmati Garut di Banyu Alam Resort Cipanas

Ini adalah cerita lanjutan dari trip kami selepas pulang dari hiking ria ke Gunung Papandayan bersama si kecil yang lalu. Rasa lelah dan pegal menyergapi tubuh kami. Tak terkecuali si anak bayi, sepertinya dia sudah bosan dan pegal juga setelah berjam-jam ada di gendongan ibunya.

Sebelum pulang kembali ke Bandung, kami memang berencana untuk menginap terlebih dahulu di Garut untuk sekedar melepas lelah, agar saat pulang kami sudah merasa sedikit segar. Rasanya akan sangat nyaman bila lelah dan pegal ini terobati dalam sebuah kolam air panas. Karena itulah, kami lalu melancong ke arah wisata alam Cipanas, Garut.

Wisata alam Cipanas Garut ini sudah lama ada. Sumber air panas alami nya melimpah, karena itulah tempat ini dinamakan Cipanas. Ci yang merupakan singkatan dari cai dalam bahasa sunda memiliki arti 'air'. Sumber air panasnya saya kira berasal dari Gunung Guntur.

Memang banyak sekali tempat penginapan baik itu hotel, motel, atau hanya sekedar rumah yang menyewakan kamar-kamarnya untuk bermalam. Harganya pun bervariasi, mulai dari 100ribuan hingga 1juta lebih. Harga ini akan jadi berlipat jika kita datang pada saat weekend atau hari libur.

Karena kami datang di Sabtu sore, semua penginapan selalu full booked. Sebetulnya ada sih, penginapan yang kosong. Tapi menurut kami harganya terbilang mahal, karena fasilitas nya hanya sebuah kamar biasa (tanpa AC, tanpa kipas) dan bak berendam di dalam dengan harga Rp 450.000. Wew!

Setelah 1 jam kami bulak balik mencari penginapan yang pas, akhirnya pak suami memutuskan untuk menginap di Banyu Alam Resort Garut ini. Saya iyakan saja mengingat badan saya yang sudah super lelah dan si kecil yang sudah mulai rewel.


Aih.. ternyata pilihan suami saya memang tepat! Begitu masuk ke dalam, saya sudah langsung jatuh cinta sama pemandangannya.

Suami saya memilih ruangan di bungalow B. Satu ruangan terdiri dari satu ruang keluarga, satu kamar, satu kamar mandi dengan bak rendam ukuran 1mx1.6mx0.5m (kira-kira), dan toilet terpisah. Hal yang membuat betah dan nyaman di bungalow ini yaitu balkonnya yang menghadap langsung ke kolam.

Fasilitas
Fasilitas yang didapat ntuk tipe ruangan yang kami pesan terdiri dari:
  • Kamar dengan tipe double bed
  • Bak rendam
  • Televisi
  • Kipas Angin
  • Toiletries
  • Free Air Mineral
  • Free Sarapan Pagi 


Hal lain yang membuat nyaman adalah kami bisa memarkirkan kendaraan kami tepat di belakang bungalow. Jadi kami tak perlu repot-repot berjalan jauh dari tempat parkir ke kamar sambil membawa tas atau tentengan lainnya. Begitu turun dari kendaraan, bisa langsung masuk kamar.

Ukuran bak rendam menurut saya terbilang besar. Dengan ukuran 1 meter x 1.6 meter dan kedalaman kurang lebih 0.5 meter, membuat kami leluasa selonjoran kaki saat berendam. Apalagi buat si bayi yang emang hobi banget main air ini. Airnya cukup hangat dan menurut saya sih ga terlalu panas, suhunya pas baik buat orang dewasa ataupun anak-anak.

Bangunan di bungalow ini memiliki arsitektur yang homey ala pedesaan. Dindingnya terbuat dari paduan tembok dan bilik bambu, lantai nya pun terbuat dari kayu. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang sudah bosan dengan nuansa modern dan ingin mencoba merasakan nuansa khas pedesaan. Hanya saja karena dindingnya terbuat dari bilik menjadikan suara dari kamar lain terdengar.

Baik di malam hari ataupun pagi hari, kita bisa menikmati pemandangan gunung Guntur yang tepat berada di kawasan Cipanas Garut dari sini. Di malam hari, dari tempat ini kita bisa melihat sorotan lampu senter dan headlamp yang dipakai para pendaki saat menaiki gunung Guntur. Yup, gunung Guntur ini adalah salah satu gunung favorit yang sering didaki oleh para pecinta alam di Jawa Barat. 

Pagi hari kami menikmati sarapan di sini. Ada beberapa jenis menu yang dihidangkan untuk sarapan, namun menurut saya variasi nya kurang banyak.. hehe. Makanan yang dihidangkan ada nasi goreng, telur mata sapi, roti isi selai coklat, mie goreng, buah-buahan (yang saya dapat hanya melon dan semangka), teh, kopi, dan jus jeruk. Soal rasanya yaa lumayan lah, sangat mirip dengan masakan saya di rumah hehe.

Lokasi
Banyu Alam Resort berlokasi di Jalan Raya Cipanas no 102, Garut, Jawa Barat. Sangat strategis karena berada di Garut Kota. Artinya dari sini kita bisa jalan-jalan menuju pusat keramaian kota Garut. Untuk membeli oleh-oleh pun tak jauh. Banyak sekali toko oleh-oleh Garut yang menjual berbagai macam makanan khas Garut dengan harga yang murah.

Lokasinya dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dari kota Bandung. Tinggal ikuti saja petunjuk yang mengarah ke Garut. Jika sudah sampai di Garut, tinggal ikuti petunjuk ke arah Cipanas.

Harga Kamar
Ini harga kamar yang saya dapat saat weekend. Bisa jadi harganya lebih mahal atau bahkan lebih murah, tergantung kebijakan pihak hotel.


Kesimpulan
Dari pengalaman yang saya deskrispsikan di atas, mungkin ini sedikit rangkuman yang bisa jadi acuan bagi yang ingin menginap disini.

Hal-hal yang saya sukai dari tempat ini:
  1. Lokasi nya strategis, karena berada di pusat kota Garut dan tidak jauh pula dari Bandung.
  2. Tempat menginap sangat mengusung tema alam pedesaan.
  3. Sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga.
  4. Bak berendam lumayan besar, cukup untuk 2 orang dewasa dan 1 orang anak.
  5. Suhu air pas, bahkan bisa diatur jika terlalu panas bisa dibuka keran air dinginnya.
  6. Staff nya sangat ramah.
  7. Parkir kendaraan bisa langsung di belakang kamar tempat menginap.
  8. Pemandangannya bagus, cocok untuk tempat foto-foto dan nambahin koleksi di instagram *lol.
Hal-hal yang mungkin bisa di improve:
  1. Menu sarapan, akan lebih baik jika varian menu nya ditambah lagi.
  2. Suara dari kamar lain cukup terdengar ke kamar saya, jadi agak berisik. 
Well, secara keseluruhan saya akan rekomendasikan tempat ini jika ada yang ingin menginap dan berendam air hangat di Garut. Ada yang tertarik?

14 comments:

  1. Cipanas, Garut udah terkenal sekali dengan wisata air panasnya. Sayang, belum ada kesempatan untuk berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diberi kesempatan untuk ke sini ya mbak, terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Duh itu bak berendamnya nyaman betul yaaa....😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan luas mbak :) makasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Asyik bgd bungalow nya. Fasilitasnya oke, nyaman, trs bs nikmatin pemandangan yg kece jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba kapan2 ke sini mbak, makasih sudah mampir :)

      Delete
  4. Huaa.. Seru bgt tempatnya. Terimakasih infonya ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mbak, sama2 mbak makasih ya sudah mampir :))

      Delete
  5. Aku pernah menginap disini, biarpun orang Garut, tetep pengen menikmati suasana baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli Garut Teh.. Garut na palih mana? hehe

      Delete
  6. Pegel2 rasanya langsung nyess pas nyelem di kolam panas ya mba.. taun brp ya dulu pernah juga nginep di bungalow kaya gini di cipanas

    ReplyDelete
  7. 450rb emg terbilang cukup mahal ya mbak, tapi viewnya bagus banget gitu, pasti betah deh stay disana hehehe

    ReplyDelete
  8. Ya Allah, makin cantik aja ini Garut. Huhu kangen pulang kampung ke sana. Terakhir ke Cipanas waktu tahun 2007. 11 tahun yang lalu. Hiksss.

    ReplyDelete
  9. Uwaaahh mbaaaaa aku lgs seneeeng pas liat bak rendamnyaaa. Ini ma anak2ku ga bakal mau kluar dr situ hahahaaa.. Trus pemandangan lgs ke kolamnya juga baguuus. Bikin betah ini. Aku save dulu tempatnya. Next hrs diplanning liburan ke garut nginep di sini

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates